Sejarah Centos

Sejarah Centos

Community ENTerprise Operating System biasa disingkat CENTOS merupakan sistem operasi berbasis linux dimana didalamnya menyediakan platform enterprize yang dibangun dari Sistem Operasi Red Hat Enterprise Linux atau biasa disingkat dengan RHEL.

Dibangun pada bulan juni tepatnya tahun 2006 diawali dari dihentikanya pengembangan Tao Linux yaitu kloningan dari RHEL kemudian diubah namanya menjadi CentOS dengan diharapkannya pengguna Tao Linux dapat bermigrasi ke CentOS dengan paket yang digunakan untuk memasang aplikasi di CentOS menggunakan “yum”. 

Pada tahun 2009 pendiri CentOS bernama Lance Davies tidak diketahui keberadaanya sejak tahun 2008 sehingga berhentilak kontribusi pada sistem operasi tersebut, namun muncul kembali di bulan agustus pihak pengembang mengambil alih kewenangan situs CentOS dari Davies selanjutnya setelah itu tahun 2010 CentOS mulai banyak dikenal dan mengungguli debian sebagai distribusi linux khusus untuk sistem server dengan layanan web yang handal walaupun direbut kembali oleh debian di tahun 2012. 

Pengembang CentOS mengambil beberapa source code dari Ren Hat atau RHEL yang bertujuan supaya mirip dengan RHEL. dengan digabungnya paket-paket dari RHEL ini kemudian dirilis dengan sebagian kebijakan lisensi dari Red Hat melalui beberapa kesepakatan beberapa lisensi paket yang digunakan, =hal tersebut bertujuan untuk membuat produk yang mirip dengan RHEL namun akhirnya harus ada beberapa logo yang diubah karena dari pihak RHEL tidak mengijinkan untuk penggunaan logo mereka dan selanjutnya didistribusikan ulang.

CentOS bersifat gratis dan didukung melalui web, chat maupum milis dari para pengembang CentOS dan CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat sehingga bantuan pendanaan dari CentOS hanya berasal dari donasi dari perusahaan yang bekerja sama dengan CentOS.

Demikian sejarah singkat dari CentOS mudah-mudahan bermanfaat

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts