BlankOn XI Codename Uluwatu Rilis

BlankOn XI Codename Uluwatu Rilis

Setelah ditunggu-tunggu, opensource enthusiast khususnya di indonesia mulai bergairah kembali, tak lain adalah rilisnya salah satu sistem operasi buatan anak bangsa, apalagi kalau bukan sistem operasi BlankOn yang merilis versi ke XI dengan codename uluwatu dengan waktu 1 tahun 3 bulan semenjak rilis versi X dengan codename tambora. Catatan rilisnya bertepatan dengan hari pendidikan nasional yaitu hari Rabu tanggal 2 Mei tahun 2018, dengan harapan merdeka dengan menggunakan sistem operasi buatan negri. Adapun beberapa fitur yang disediakan pada rilis kali ini menurut catatan rilis BlankOn Uluwatu di situs resminya di https://www.blankonlinux.or.id/catatanrilis-uluwatu.html adalah

Indonesia, 2 Mei 2018

Setelah melakukan pengembangan kurang lebih selama satu tahun tiga bulan, pada tahun ini, kami pengembang BlankOn mempersembahkan sistem operasi bebas dan terbuka bernomor rilis XI dengan nama kode Uluwatu. Pada rilis ini pengembang melakukan beberapa perubahan yang memberikan warna tersendiri dengan tampilan grafis khas Indonesia terutama Bali. Pengembang juga memberikan dukungan lebih ke banyak perangkat keras. Kami menambahkan beberapa fitur terbaru pada beberapa paket khas BlankOn, dengan begitu diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam penggunaan.

Rilis kali ini dititikberatkan pada bidang infrastruktur BlankOn. Pada proses penjahitan Uluwatu, tim pengembang sukses membangun kembali layanan-layanan BlankOn beserta dokumentasinya. Beberapa di antaranya; Peremajaan Perangkat keras, Rekonstruksi Pabrik CD, Pabrik Paket (IRGSH), dan Pabrik Repo, Pemindahan Bzr dan Wiki ke Github.

BlankOn Installer
BlankOn Installer (BI) adalah aplikasi pemasangan yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan menggunakan teknologi HTML5, Javascript dan Vala yang di dalamnya terdapat perkakas untuk mengelola (partisi) harddisk. BlankOn Installer juga sudah mendukung pemasangan pada partisi mode UEFI. Dengan adanya pembaruan pada BlankOn Installer ini, diharapkan dapat memudahkan pengguna dari semua kalangan untuk memasang BlankOn.

Aplikasi Perkantoran
Blankon XI Uluwatu membawa aplikasi perkantoran populer LibreOffice versi 6.0.1.1 versi terbaru.

GNOME 3.26.2
GNOME 3.26.2, yang merupakan basis Manokwari memberikan perbaikan untuk Manajemen Jaringan, Pembaruan beberapa translasi bahasa, dan beberapa perbaikan lainnya. Semua aplikasi GNOME di BlankOn Uluwatu telah menerima banyak fitur baru dan perbaikan.

Flatpak
Flatpak mendukung sistem pemaketan aplikasi yang bersifat universal. Dengan Flatpak, pengguna dapat memasang aplikasi di berbagai distribusi Linux tanpa harus dipusingkan dengan dependensi-dependensi tertentu. Dukungan Flatpak ini telah ikut dikemas dalam rilis BlankOn XI Uluwatu.

Aplikasi Grafis
BlankOn XI Uluwatu secara langsung telah membawa aplikasi-aplikasi grafis yang dapat digunkan untuk mengelola gambar mulai dari membuka, membuat, dan mengedit gambar berbasis bitmap dan vektor. Di rilis ini, BlankOn XI Uluwatu membawa GIMP versi 2.8.20, Inkscape versi 0.92, dan EOG versi 3.26.2.

Aplikasi Multimedia
Putar musik dan video Anda secara langsung tanpa perlu lagi memasang aplikasi. BlankOn membawa perkakas pemutar audio Audacious dan VLC yang siap memutar playlist kegemaran Anda.

Buku Panduan
Dalam rilis kali ini, Tim Pengembang BlankOn tidak menyediakan buku panduan, namun panduan penggunaan dapat ditemukan pada wiki di platform baru. Kami memulai untuk membuat Github Page dan Jekyll untuk memuat panduan sebagaimana yang telah ada sebelumnya. Wiki panduan ini dapat diakses pada tautan http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/

Konfigurasi perangkat keras minimal untuk dapat menjalankan BlankOn XI Uluwatu dengan nyaman adalah:

  • CPU 1.6 GHz
  • RAM 2 GB
  • Ruang Hard disk 15 GB
  • VGA onboard 256 MB

Catatan, pada rilis ini kami hanya menyediakan dukungan untuk versi 64bit.

Akhir kata, terima kasih untuk rekan-rekan Pengembang, Pengguna BlankOn, Sponsor, Tim Hore, Pensiunan dan semua kontributor di Proyek BlankOn.

Selamat hari pendidikan. Pendidikan untuk kemerdekaan perangkat lunak

Estu Fardani
Manajer Rilis BlankOn XI Uluwatu

 

Dan mudah-mudahan dengan adanya rilis BlankOn XI Uluwatu ini dapat memberikan motivasi bagi para opensource enthusiast untuk ikut dalam proyek-proyek opensource lainya.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts