Pengertian Simulasi Digital

Pengertian Simulasi Digital

Bagi siswa SMK khususnya yang baru masuk kelas X pasti akan menemui Mata pelajaran Simulasi Digital. Kira-kira apa saja yang dipelajari di mapel tersebut, yuk simak artikel berikut ini.

Mapel (Mata pelajaran) Simulasi Digital adalah proses pemanfaatan teknologi dalam proses komunikasi memanfaatkan aplikasi yang tersedia di internet sehingga proses komunikasi yang dilakukan bisa secara maksimal.

Mapel (Mata pelajaran) Simulasi Digital memiliki tujuan untuk memberikan bekalkepada siswa agar dapat berkomunikasi dengan baik melalui media digital. Diaplikasikan pada proses pembelajaran yang berfokus pada pemanfaatan perangkat komunikasi digital yang sampai saat ini terus berkembang.

Diharapkan para siswa mampu menguasai berbagai macam perangkat dan juga aplikasi digital supaya proses komunikasi menjadi lebih mudah dan luas. Lebih jauh lagi para siswa mampu mengaplikasikan konsep-konsep dasar berpikir dengan ide-ide cemerlang mampu menciptakan inovasi baru di dunia digital. Puncaknya para siswa mampu menciptakan jenis teknologi baru yang mampu membantu manusia di dalamkehidupan sehari-hari.

Adapun jenis teknologi yang dipelajari di mata pelajaran tersebut antara lain.

A. Komunikasi Dalam Jaringan (Komunikasi Daring)
Tersedianya jaringan internet menuntut para siswa memanfaatkan teknologi komunikasi daring yang artinya proses komunikasi melalui perangkat teknologi seperti Smartphone atau komputer. Proses tersebut tentu saja melalui beberapa akses di internet dengan memanfaatkan aplikasi komunikasi yang sudah tersedia di internet.

B. Kelas Maya
Tidak bisa dipungkiri suatu saat dunia pendidikan bisa saja terkendala dengan yang namanya tatap muka di sekolah, bisa dari ancaman virus, bencana alam bahkan sarana sekolah sedang ada renovasi dll, membuat siswa gagal untuk tatap muka dengan gurunya. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut diciptakan ruang kelas berbentuk virtual menggunakan perangkat komunikasi sehingga aktivitas belajar mengajar bisa dilaksanakan, selain belajar mengajar para siswa juga bisa mengerjakan tugas dan ujian secara daring melalui media internet.

C. Presentasi Video
Pada saat ini teknologi Video sudah berkembang dengan sangat cepat. pemanfaatan perangkat video seperti kamera, webcam bahkan smartphone sekarang sudah dilengkapi kamera yang canggih sehingga presentasi berupa video bisa dimanfaatkan untukaktivitas komunikasi secara visual bisa dilaksanakan. dengan adanya video dan audio proses komunikasi menjadi lebih lancar karena secara langsung audience menjadi lebih paham dibandingkan hanya komunikasi audio saja.

Demikian beberapa contoh teknologi yang dipelajari di mata pelajaran simulasi digital, semoga bermanfaat informasinya.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts