Gladi Bersih UNBK error dan bagaimana mengatasinya

Gladi Bersih UNBK error dan bagaimana mengatasinya

Tahun 2020 UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bisa dikatakan menjadi ujian nasional yang terakhir, semenjak bapak mentri pendidikan yang baru Nadiem Makarim. Pada hari ini tepatnya di bulan Februari 2020 terlaksana simulasi gladi bersih UNBK sebagai persiapan terakhir sebelum ujian UNBK terlaksana di bulan maret. Saya kebetulan semenjak 2016 sudah menjadi proktor UNBK baik jenjang SMP maupun SMK.

Di awal-awal simulasi pertama tidak ada kendala yang dialami selama ujian, walaupun simulasi-simulasi pada tahun-tahun sebelumnya juga ada beberapa kendala seperti token tidak mau muncul, server offline dll yang sepertinya kendala tersebut selalu muncul dan rutin terjadi setiiap tahunnya.

Kendala gladi bersih UNBK kali ini bermula di hari senin tanggal 17 februari 2020 tepatnya di simulasi hari pertama dimana saat siswa login dan mengisikan data diri dan token setelah menekan tombol submit selalu terjadi logout menandakan bahwa akun sudah login ditempat lain. sehingga siswa siswi pun dari awal tidak bisa mengerjakan ujian dengan mapel bahasa inggris tersebut. kemudian terjadi maintenance sampai pukul 12.00 dan sepertinya durasi maintenance diperpanjang. Walaupun katanya sudah bisa mengerjakan dan semangat anak-anak yang kurang maka simulasi hari pertama dibatalkan. Dari pusat juga menginformasikan bahwa simulasi hari pertama diganti ke hari kamis.

Pada pagi hari tepatnya hari selasa tanggal 18 februari 2020 pagi hari melakukan patching dengan harapan bug pada hari pertama bisa terselesaikan, namun hasilnya tetap saja siswa langsung logout seperti kejadian di hari senin, namun ada 3 siswa yang berhasil login setelah itu percobaan login sampai pukul 08.30 tetap tidak bisa, hingga akhirnya ada salah satu penghuni grup proktor UNBK, share langkah-langkah bagi yang belum bisa mengerjakan, dengan langkah detailnya seperti ini

  1. Test login
  2. Sebelum memasukan token, catat token terakhir di kertas
  3. masukan token pada login siswa, pastikan anak-anak jangan menekan tombol submit terlebih dahulu
  4. cabut kabel LAN (internet) di PC server
  5. siswa menekan tombol submit
  6. setelah muncul mulai baru kabel LAN dipasang kembali
  7. Jika terjadi error bisa menekan F5 untuk refresh browser

Setelah langkah tersebut dijalankan alhamdulillah siswa bisa mengerjakan dengan lancar.

Catatan untuk UNBK dari awal 2016 sampai sekarang memang masih menjadi polemik, salah satu sisi baik dari UNBK ini adalah paperless atau sudah tidak menggunakan kertas lagi sehingga dari anggaran kertas bisa dialihkan ke komputer yang lebih manfaat untuk para siswa dalam belajar di era teknologi komputer namun bagi sekolah juga harus menyediakan server yang menurut saya lumayan mahal karena membutuhkan spesifikasi yang lumayan tinggi sehingga anggaran untuk pengadaan server juga lumayan besar, belum lagi jika jumlah siswa nya banyak semakin banyak Server dan PC yang harus disediakan oleh sekolah.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts