Teknologi Komunikasi Data

Teknologi Komunikasi Data

Komunikasi

Komunikasi (dari bahasa Latin communicare, yang berarti “berbagi” atau “terhubung”) adalah proses berbagi informasi dari 1 orang ke orang yang lain sehingga manusia mampu bersosialisasi dengan baik. Seperti yang ditunjukkan oleh definisi ini, komunikasi sulit untuk didefinisikan secara konsisten, karena biasanya digunakan untuk merujuk pada berbagai perilaku yang berbeda (secara luas: “transfer informasi”), atau memahami setiap maksud dari satu orang ke orang lain melalui bahasa/gerakan yang mudah dimengerti (misalnya, menunjuk suatu benda). John Peters berpendapat bahwa kesulitan mendefinisikan komunikasi muncul dari fakta bahwa komunikasi adalah fenomena universal (karena semua orang berkomunikasi), dan disiplin khusus studi akademis institusional. Salah satu definisi komunikasi adalah tindakan mengembangkan makna di antara entitas atau kelompok melalui penggunaan tanda, simbol, dan konvensi semiotik yang cukup dipahami bersama.

Komunikasi Data

Transmisi data dan penerimaan data (atau, lebih luas lagi, komunikasi data atau disebut juga komunikasi digital) adalah proses transfer dan menerima data (bitstream digital atau sinyal analog digital) melalui saluran komunikasi point-to-point atau point-to-multipoint. Contoh saluran tersebut adalah kabel tembaga, serat optik, saluran komunikasi nirkabel, media penyimpanan pada komputer. Data dianalogikan sebagai sinyal elektromagnetik, contohnya tegangan listrik, gelombang radio, gelombang mikro, atau sinyal inframerah.

Komunikasi Audio

Sinyal Audio

Sinyal audio adalah proses pengiriman suara, biasanya menggunakan tingkat daya tertentu untuk merubah ke sinyalsupaya bisa diterjemahkan dengan baik, biasanya terdiri dari serangkaian angka biner untuk sinyal digital. Sinyal audio memiliki frekuensi sekitar 20 hingga 20.000 Hz, yang sesuai dengan batas bawah dan atas pendengaran manusia. Sinyal audio dapat dikirimkan secara langsung dan mungkin berasal dari mikrofon dan dikirim ke loudspeaker pada headphone sehingga suara bisa didengar oleh telinga manusia.

Kartu Suara

Kartu suara adalah kartu internal pada komputer yang memiliki port input dan output yang berfungsi untuk mengolah suara di software yang ada dikomputer sehingga menghasilkan suara dengan efek-efek yang unik. Kartu suara sering juga menjadi nama perangkat/alat profesional audio untuk mengolah efek-efek suara. 

Radio

Radio adalah teknologi komunikasi yang memanfaatkan sinyal gelombang radio untuk menghubungkan alat (Radio transmiter ke Radio receiver). Memiliki frekuensi antara 30 hertz (Hz) sampai 300 gigahertz (GHz). Melalui sebuah perangkat elektronik yang disebut pemancar yang terhubung ke antena yang memancarkan gelombang radio kemudian diterima oleh antena lain yang terhubung ke penerima radio. Saat ini radio masih tergolong  banyak digunakan dalam teknologi informasi, dalam komunikasi radio, radar, navigasi radio, remote control, penginderaan jauh dan aplikasi lainnya.

Audio engineer

Seorang engineer audio (juga dikenal sebagai insinyur suara atau insinyur rekaman) membantu menghasilkan rekaman atau pertunjukan langsung, menyeimbangkan dan menyesuaikan sumber suara menggunakan pemerataan, pemrosesan dinamika dan efek audio, pengolahan saat produksi, dan penguatan suara. Engineer audio mengerjakan “aspek teknis perekaman ke penempatan mikrofon sampai ke pengaturan level audio. Perekaman fisik proyek apa pun dilakukan oleh seorang engineer. Rekayasa suara semakin meningkat sebagai kreatifitas di mana alat musik dan teknologi digunakan untuk menghasilkan suara untuk film, radio, televisi, musik dan video game.

Komunikasi Video

Komunikasi Video Zoom

Zoom Video Communications, Inc. Zoom Meeting merupakan perusahaan teknologi komunikasi yang bermarkas di daerah San Jose, California. Perusahaan tersebut berfokus dalam layanan videotelephony dan chat online menggunakan platform perangkat lunak peer-to-peer berbasis cloud selama ini digunakan untuk telekonferensi, telecommuting, pendidikan jarak jauh, dan media sosial. Eric Yuan yang sebelumnya engineer executive dari Cisco kemudian mendirikan Zoom pada tahun 2011, dan meluncurkannya pada tahun 2013. Semakin berkembangnya aplikasi zoom, membuat pertumbuhan pendapatan perusahaan semakin besar dan menghasilkan penilaian $ 1 miliar pada tahun 2017, membuat Zoom adalah perusahaan “unicorn”. Perusahaan pertama kali yang mendapatkan keuntungan pada 2019, dan menyelesaikan penawaran umum perdana tahun itu. Perusahaan bergabung dengan indeks saham NASDAQ-100 pada 30 April 2020. Penggunaan aplikasi Zoom semakin meningkat pesat didukung oleh prosedur karantina di setiap negara-negara yang terdampak pandemi COVID-19. Produk perangkat lunaknya telah menghadapi pengawasan publik dan media terkait dengan masalah keamanan dan privasi.

Google Meet

Google Meet merupakan salah satu layanan dari Perusahaan besar Google adalah salah satu layanan komunikasi berbasis video. Google meet adalah salah satu layanan komunikasi video yang banyak digunakan di dunia setelah berganti nama dari Google Hangout.

Video Phone

Videophone, kadang-kadang juga disebut sebagai video teleconference atau videoconference, terdiri dari teknologi untuk penerimaan dan transmisi sinyal audio-video oleh pengguna di lokasi yang berbeda, untuk komunikasi antara orang-orang secara real time. Videophone adalah telepon dengan tampilan video, mampu video dan audio simultan untuk komunikasi antara orang-orang secara real time. Konferensi video menyiratkan penggunaan teknologi ini untuk pertemuan kelompok atau organisasi daripada untuk individu, dalam konferensi video. Telepresence dapat merujuk baik ke sistem videotelephony berkualitas tinggi (di mana tujuannya adalah untuk menciptakan ilusi bahwa peserta jarak jauh berada di ruangan yang sama) atau teknologi pertemuan, yang melampaui video menjadi robot (seperti bergerak di sekitar ruangan atau secara fisik memanipulasi objek). Videoconferencing juga disebut “kolaborasi visual” dan merupakan jenis groupware.

Komunikasi Visual

Komunikasi visual adalah penggunaan elemen visual untuk menyampaikan ide dan informasi yang meliputi tetapi tidak terbatas pada tanda, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, desain industri, periklanan, animasi, dan sumber daya elektronik. Manusia telah menggunakan komunikasi visual sejak zaman prasejarah. Dalam budaya modern, ada beberapa jenis karakteristik elemen visual, mereka terdiri dari objek, model, grafik, diagram, peta, dan foto. Di luar berbagai jenis karakteristik dan elemen, ada tujuh komponen komunikasi visual: Warna, Bentuk, Nada, Tekstur, Gambar-Ground, Keseimbangan, dan Hirarki. Masing-masing karakteristik, unsur, dan komponen tersebut memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Komunikasi visual memiliki tujuan tertentu dalam berbagai aspek seperti Media Sosial, Budaya, Politik, Ekonomi, dan Ilmu Pengetahuan. Dalam mempertimbangkan aspek-aspek yang berbeda ini, elemen visual menyajikan berbagai kegunaan dan bagaimana mereka menyampaikan informasi. Baik itu iklan, pengajaran dan pembelajaran, atau pidato dan presentasi, semuanya melibatkan alat bantu visual yang mengomunikasikan pesan. Sehubungan dengan alat bantu visual, berikut ini adalah yang paling umum: Papan Tulis atau Papan Tulis, Papan Poster, Handout, Cuplikan Video, Peralatan Proyeksi, dan Presentasi Berbantuan Komputer.

Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis Merupakan suatu proses komunikasi dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain bersifat private dengan metode keamanan yang dijamin pembuat sistemkomunikasi.. Pendahuluan Kata komunikasi berasal dari kata latin communis yang berarti umum. Dengan demikian komunikasi dapat didefinisikan sebagai pertukaran pikiran dan informasi untuk menghasilkan saling pengertian.

Seni Komunikasi

Seni komunikasi dapat merujuk pada: Desain komunikasi yang bercampur dengan cukup luas untuk menampilkan informasi yang beragam namun berkaitan dengan bagaimana media dan presentasi dalam berkomunikasi dengan orang-orang.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts