Teknologi Komunikasi Data

Teknologi Komunikasi Data

Komunikasi data adalah proses pertukaran data/informasi dari beberapa alat (bahasa Inggris: device) (seperti komputer / laptop / telepon genggam / printer / dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, sepeti internet. Pada dasarnya komunikasi data merupakan proses pengiriman informasi di antara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching, bisa antara komputer dan komputer, komputer dengan terminal, atau komputer dengan peralatan, atau peralatan denganperalatan.

Pengertian lain komunikasi data yaitu transmisi data elektronik melalui beberapa media(kabel coaksial, fiber optik, microwave dsb). Sistem yang mungkin terjadinya transmisi data sering disebut sebagai jaringan komunikasi data

Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:Melalui Infrastruktur TerestrialMenggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk terestrial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPNMultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).Melalui SatelitMenggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.

Apa yang menyebabkan kita sangat membutuhkan komunikasi data:

  1. Dengan menggunakan sistem ini akan terasa lebih efisien.
  2. Sebagian besar pengguna komputer hampir menggunakan data sebagai alat komunikasi antar kantor, perusahaan dan institusi–institusi lainnya.
  3. Menjaga data agar sampai sesuai tujuan yang diinginkan.
  4. Dapat mengurangi keterbatasan waktu.
  5. Data menjadi terahasiakan. Bila ada data yang tidak boleh diketahui pihak lain.

Inilah yang menyebabkan sistem komunikasi data diperlukan.

Bagaimana cara menjaga data dalam sistem komunikasi data:

  1. Pastikan media transmisi tidak rusak.
  2. Pastikan alamat IP yang mau dikirim benar.
  3. Lindungi kabel-kabel dari binatang perusak dan letakan ditempat yang aman.
  4. Selalu cek kesehatan pada HDD.

Prinsip Komunikasi data:

  1. Pengirim
  2. Media penghantar
  3. Sink/penerima

Contoh Komunikasi Data Dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. ATM

ATM atau automated teller machine atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan anjungan tunai mandiri adalah sebuah alat telekomunikasi elektronik yang memungkinkan nasabah bank untuk melakukan transaksi keuangan seperti penarikan tunai, transfer, deposit, pembelian atau pembayaran, atau sekedar hanya untuk mengetahui informasi saldo setiap saat tanpa perlu berinteraksi langsung dengan pegawai bank.

ATM pertama kali digunakan pada tahun 1967 di London dan kini hampir seluruh kota di seluruh dunia telah memiliki ATM.

2. Surat Elektronik atau Electronic Mail

Contoh komunikasi data lainnya yang juga merupakan contoh komunikasi digital adalah surat elektronik. Electronic mail atau surat elektronik adalah mekanisme digital yang digunakan untuk saling bertukar pesan melalui internet atau intranet. Pesan-pesan yang dikirim dan diterima melalui surat elektronik biasanya di-encode dalam bentuk teks ASCII. Selain teks, kita juga dapat mengirim dan menerima pesan dalam bentuk gambar atau suara.

Sebagian besar surat elektronik dikirimkan atau ditransmisikan sebagai data yang sesuai dengan komputer dan berjalan di sepanjang jaringan data. Bentuk umum surat elektronik diantaranya teleks, jaringan pesan yang dialihkan, sistem pesan berbasis komputer, dan faksimili.

3. Faksimili atau Facsimile

Facsimile atau fax adalah salah satu peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Fax adalah transmisi dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain yang dilakukan secara elektronik.

Dokumen yang dikirimkan, dipindai terlebih dahulu dan kemudian dikirimkan melalui jaringan telepon atau internet. Di era digital seperti sekarang, kehadiran internet sebagai media komunikasi telah mengurangi penggunaan fax di dunia bisnis.

4. Telepon Genggam atau Handphone

Handphone atau telepon genggam adalah alat komunikasi nirkabel yang memungkinkan penggunanya membuat panggilan telepon atau menerima panggila telepon dan mengirim atau menerima pesan teks. Sebagai media komunikasi modern, telepon genggam atau handphone juga memiliki beberapa fitur lain seperti peramban web, aplikasi permainan, kamera, pemutar video, Bluetooth, dan sistem navigasi. Komunikasi yang dilakukan melalui telepon genggam umumnya menggunakan gelombang radio. [AdSense-b]

5. Internet

Menurut KBBI, internet atau Interconnected Network adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Internet menjadi sangat populer karena beberapa temuan yang kini kita lihat seperti World Wide Web atau multimedia. Misalnya, beberapa aplikasi multimedia yang kini banyak digunakan di berbagai bidang diantaranya adalah teleponi atau VoIP, video berbagi, dan television over IP.

6. Intranet

Manfaat dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi diantaranya adalah memudahkan akses informasi. Kemudahan akses informasi dalam lingkup bisnis atau organisasi ditandai dengan adanya internet. Intranet adalah jaringan privat yang hanya dapat diakses oleh staf atau karyawan suatu organisasi.

Tidak seperti internet dimana informasi dan layanan tersedia bagi publik, intranet justru hadir karena mempertimbangkan adanya jenis-jenis informasi dan layanan yang tidak ditujukan bagi publik namun bagi internal organisasi atau perusahaan.

Intranet juga digunakan untuk memfasilitasi kerja kelompok dan telekonferensi suatu perusahaan. Intranet terdiri atas beberapa jaringan LAN yang saling terhubung dan menggunakan protokol internet standar seperti TCP/IP dan HTTP.

7. Ekstranet atau Extranet

Extranet adalah bentuk akronim dari extended intranet atau bagian dari intranet perusahaan dimana penggunanya diperluas ke pengguna di luar perusahaan.

Extranet adalah jaringan privat terkontrol yang menggunakan teknologi internet dan sistem telekomunikasi publik yang memungkinkan adanya akses ke layanan atau informasi yang dibutuhkan bagi pihak yang berwenang tanpa harus memberikan akses ke seluruh jaringan organisasi.

Untuk itu,  organisasi atau perusahaan yang menggunakan extranet tetap harus mengacu pada standarisasi aturan dalam komunikasi data agar extranet memiliki keamanan yang cukup memadai seperti firewall server management, asuransi, digunakannya sertifikat digital atau pengguna yang sah atau memiliki kewenangan untuk mengakses extranet, pesan yang dienkripsi, dan penggunaan VPN yang berjalan melalui jaringan publik.

Extranet digunakan perusahaan diantaranya untuk saling bertukar informasi dengan menggunakan Electronic Data Interchange, bekerja sama dengan perusahaan lain, dan lain-lain.

8. Remote Control

Satu di antara macam-macam media komunikasi dalam jaringan yang digunakan untuk transmisi data adalah sinar infra merah. Dalam lingkup yang lebih kecil, teknologi infra merah digunakan dalam remote control televisi.

Remote control adalah salah satu media nirkabel sekaligus merupakan sebuah komponen peralatan elektronik yang digunakan untuk menjalankan peralatan elektronik dari jarak dekat. Remote control banyak digunakan untuk menjalankan televisi, menjalankan pendingin udara, memutar DVD player, atau menghubungkan mouse nirkabel ke komputer.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang komunikasi data dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts