Apa itu Bandwidth

Apa itu Bandwidth

Jaringan internet saat ini menjadi komponen penting dalam kehidupan sehari-hari, semua sumber informasi bisa didapatkan melalui teknologi satu ini. Jaringan Internet tidak lepas dari penggunaan data internet melalui jalur transmisi yang selalu berkembang setiap generasi, nah dalam kehidupan sehari-hari manusia memerlukan Quota internet yang artinya membeli data yang nantinya melewati lorong transmisi yang disediakan infrastrukturnya oleh penyedia layanan data yaitu internet service provider (ISP). Perkembangan teknologi yang selalu diupdate adalah infrastruktur transfer data atau pada bagian transmisinya dan biasanya diukur dalam ukuran bps (bit per second) dalam istilah kerenya disebut bandwidth

Sesuai dengan judul artikel pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Apa itu Bandwidth!

Pengertian Bandwidth

Bandwidth menurut ilmu komputer adalah suatu perhitungan konsumsi daya yang tersedia pada suatu proses telekomunikasi. Bandwidth biasa disebut Luas atau Lebar jalur yang dilewati data dalam satu waktu

Ada 2 jenis bandwidth

1. Digital bandwidth

Digital bandwidth adalah ukuran jumlah data yang dikirimkan melewati saluran komunikasi dalam hitungan bps (bit per second)

2. Analog bandwidth

Analog bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam suatu rentang frekuensi yang diukur dengan hitungan Hz (hertz) guna mengetahui banyak data yang ditransmisikan dalam suatu saat.

Konsep Bandwidth

Jaringan komputer salah satu fungsinya adalah mampu bertukar informasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan banyak model atau caranya. Proses pertukaran tersebut pasti ada data yang dilewatkan melalui transmisi pada jaringan, maka disinilah peran bandwidth pada jaringan digunakan.

1.Bandwidth Uplink

Upload atau bahasa indonesia unggah adalah proses dimana data baik berupa text, video maupun gambar yang dikirim dari perangkat kita ke perangkat lain menggunakan fasilitas jaringan komputer ataupun jaringan internet.

2.Bandwidth Downlink

Download atau bahasa indonesia unduh adalah proses dimana data baik berupa text, video maupun gambar yang diminta/diambil dari perangkat lain kemudian disimpan ke perangkat kitamelalui fasilitas jaringan komputer ataupun jaringan internet.

Manajemen bandwidth

Bandwidth menjadi faktor penting sebuah jaringan bisa dikategorikan baik ataupun tidak dan biasanya salah satu ungkapan jaringan komputer dikatakan lemot salah satunya adalah proses manajemen bandwidth yang kurang baik.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam manajemen bandwidth diantaranya

1.Dampak besar bandwidth pada jaringan

Semakin besar bandwidth maka saluran data yang bisa dilewati dalam jaringan semakin lancar.

2.Terbatasnya bandwidth

Setiap data dilewatkan dalam jaringan memiliki batas maksimal tergantung dari berapa besar lebar jalurnya.

3.Bandwidth itu tidak gratis

Semakin lebar bandwidth memerlukan media transmisi dan teknologi yang tergolong mahal.

4.Semakin tingginya kebutuhan bandwidth

Teknologi yang dikembangkan setiap harinya akan terus semakin canggih, kebutuhan dari media-media baru diinternet juga harus diimbangi teknologi transfer data yang cepat dan juga besar.

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi seperti Network Security khususnya di bidang fraud detections, suka membuat tutorial teknologi berbasis open source dan suka terhadap dunia pendidikan.

View my other posts