Top
Prinsip kerja subscriber pada internet telepon DSL
fade
639
post-template-default,single,single-post,postid-639,single-format-standard,eltd-core-1.0,flow-ver-1.0,eltd-smooth-scroll,eltd-smooth-page-transitions,ajax,eltd-blog-installed,page-template-blog-standard,eltd-header-standard,eltd-sticky-header-on-scroll-down-up,eltd-default-mobile-header,eltd-sticky-up-mobile-header,eltd-menu-item-first-level-bg-color,eltd-dropdown-default,wpb-js-composer js-comp-ver-4.9.2,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-700
Title

Subscriber Internet Telepon

Subscriber Internet Telepon

Loading

Subscriber Internet Telepon adalah pengguna layanan internet yang menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP) untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Subscriber ini dapat menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, atau perangkat keras VoIP khusus untuk melakukan panggilan. Layanan ini biasanya diakses melalui aplikasi atau perangkat lunak yang mengubah sinyal suara menjadi data yang dapat ditransmisikan melalui jaringan internet, sehingga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon dari mana saja di dunia dengan koneksi internet yang stabil. Subscriber internet telepon juga dapat menikmati fitur tambahan seperti konferensi telepon, panggilan masuk, dan panggilan keluar.

Sejarah Subscriber Internet Telepon

Sejarah subscriber internet telepon dimulai pada tahun 1995 ketika perusahaan VocalTec mengembangkan perangkat lunak yang disebut “Internet Phone” yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon melalui internet. Pada saat itu, teknologi tersebut masih sangat sederhana dan hanya digunakan oleh penggemar teknologi yang tertarik dengan perkembangan baru dalam komunikasi. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan popularitas internet, teknologi VoIP mulai digunakan secara luas dan menjadi standar dalam komunikasi telepon.

Pada awal 2000-an, perusahaan-perusahaan telekomunikasi mulai menawarkan layanan internet telepon dengan tarif yang lebih murah dibandingkan dengan layanan telepon tradisional, yang membuat lebih banyak orang menggunakan layanan ini. Pada tahun 2004, perusahaan Skype mengeluarkan aplikasi VoIP yang sangat populer dan digunakan secara luas di seluruh dunia, yang membuat komunikasi melalui internet semakin mudah dan terjangkau.

Saat ini, layanan internet telepon digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia dan telah menjadi salah satu cara komunikasi utama. Teknologi VoIP terus berkembang dan menyediakan fitur yang lebih canggih, seperti video panggilan, konferensi telepon, dan integrasi dengan aplikasi komunikasi lainnya.

Prinsip Kerja Subscriber Internet Telepon

Subscriber Internet Telepon (SIP) adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk mengatur panggilan telepon melalui jaringan internet. SIP dikembangkan pada awal tahun 1990-an oleh Mark Handley, Henning Schulzrinne, dan Eve Schooler dari Columbia University dan perusahaan Bell Labs.

SIP mengatur panggilan telepon dengan mengirimkan pesan antara perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Pesan ini digunakan untuk mengatur panggilan, mengatur jalur komunikasi, dan mengatur kualitas suara. SIP juga digunakan untuk mengatur panggilan video dan panggilan konferensi.

Sistem kerja SIP sangat mirip dengan sistem kerja email. Seperti email, SIP mengirimkan pesan dari satu perangkat ke perangkat lain melalui jaringan internet. Perbedaannya adalah bahwa SIP digunakan untuk mengatur panggilan telepon, sedangkan email digunakan untuk mengirimkan pesan teks.

Perangkat Subscriber Internet Telepon

Perangkat subscriber internet telepon (SIP) adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal data sehingga dapat diteruskan melalui jaringan internet. SIP biasanya terdiri dari perangkat telepon IP, gateway, dan server yang digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi paket data yang dapat diteruskan melalui jaringan internet. Perangkat ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima panggilan telepon, mengirim pesan teks, dan mengirim dan menerima data. Beberapa contoh perangkat SIP adalah telepon IP, softphone, dan adapter ATA (Analog Telephone Adapter).

suntoro

Seorang pembelajar yang antusias terhadap ilmu di bidang teknologi informasi saat ini sedang belajar dalam bidang Network Security, fraud detections dan IT Audit. Sangat suka membuat tulisan tentang teknologi berbasis open source dan juga suka dunia pendidikan.